Festival Musik Islami bertajuk “M-life Festival Musik” telah digelar di Grand Indonesia pada tanggal 1-5 September 2009. Acara ini merupakan ajang kompetisi bagi grup band dan grup nasyid untuk menampilkan kemampuannya dalam hal mencipta lagu Islami, tidak hanya itu mereka juga dituntut untuk bisa menampilkan karya mereka dengan sangat maksimal ketika pentas diatas panggung. Musik merupakan bahasa universal yang bisa diterima oleh semua kalangan tanpa terbatas oleh ruang dan waktu. Sehingga, musik bisa menjadi bagian hidup yang tak dapat dipisahkan dalam kehidupan.

Islam sebagai rahmat bagi semesta alam tentunya memiliki ajaran dan aturan yang bisa diterima oleh semua makhluk di dunia ini tanpa terkecuali. Oleh karena itu, musik adalah salah satu sarana yang tepat untuk media berdakwah kepada semua orang. Karena dengan musik, orang tidak merasa digurui namun esensi ajaran Islam tetap tersampaikan. Meskipun demikian, sekarang ini banyak umat Islam sendiri yang tidak menyukai musik-musik yang bernuansa Islami. Entah apa yang salah, namun yang jelas musik Islami belum menjadi tuan rumah di hati umat Islam secara keseluruhan.

Festival ini merupakan ajang kompetisi yang dilakukan untuk mendapatkan lagu bernuansa Islami yang bisa diterima oleh kalangan luas baik kalangan umat Islam ataupun non-Islam. Acara ini pun menjadi bagian sosialisasi kepada masyarakat mengenai indahnya Islam dan sebagai bukti bahwa Islam itu tidak menyeramkan seperti yang dibayangkan oleh sebagian orang.

Akhirnya, keputusan dewan juri memilih 3 juara besar dengan lagu yang sangat luar biasa. Mereka adalah grup ’Syahdu’ , ’d Mesej’ dan ’Intro’. Juara pertama merupakan mahasiswa Universitas Diponegoro Semarang dan mereka berhak mendapatkan hadiah tabungan Bank Syariah sebesar Rp. 5.000.000,- dan satu buah netbook. Juara kedua adalah ’d Mesej’ mereka adalah grup nasyid accapela dan mereka berhak mendapatkan tabungan Bank Syariah sebesar Rp. 3.000.000,- dan satu buah netbook. Juara ketiga merupakan grup band dengan para personil anak SMA dengan nuansa musik pop Islami dan mereka berhak mendapat tabungan Bank Syariah sebesar Rp. 2.000.000,- dan satu buah netbook.

M-life Festival musik hanya lah salah satu cara untuk menyosialisasikan indahnya Islam. Kami berharap musik Islami bisa terus berkembang dan diminati oleh semua kalangan.
Wassalam